INIDOMINO.net

Header Ads

5 Tempat Wisata Kuliner Lezat di Balikpapan


Kreativitas masyarakat Balikpapan menjadikan kota ini mampu menghadirkan hal-hal istimewa. Salah satunya soal kuliner, tidak sedikit yang mengakui kepiawaian orang Balikpapan memainkan cita rasa. Dengan keahlian ini, mereka berhasil menciptakan aneka jenis santapan dengan kelezatan yang menggoyang lidah.

Penasaran, ingin mencicipi ragam masakan khas Balikpapan? Coba kunjungi tempat wisata kuliner lezat di Balikpapan ini yuk setelah memesan tiket pesawat ke Balikpapan dari Airy! Dijamin makin nikmat!

1. Kedai Kopi Mantaw


Menikmati secangkir kopi di sebuah kedai mungkin hal biasa. Tapi, mencicipi sepotong roti kukus ala China yang bercita rasa manis; baru luar biasa. Semua itu, bisa Kamu lakukan ketika berada di Kedai kopi Mantaw. Lokasinya terletak di Jalan Jenderal Sudirman RT 06 Nomor 101, Pasar Baru.

Selain kue khas China tersebut, Kedai Kopi Mantaw juga menyediakan kuliner tradisional. Semisal, bubur ikan, bubur Samarinda, bubur Manado, serta soto ayam kampung. Ada pula aneka olahan nasi, seperti nasi sop ayam kampung, nasi tim ayam, dan nasi hainam. Semua itu dibanderol dengan harga yang murah meriah, lho.

2. Kedai Bubur Ayam Samarinda di Jalan Ahmad Yani


Sepintas, bubur ayam Samarinda mirip dengan bubur biasa. Namun, sekali dicicipi, cita rasanya terus menempel di lidah. Lalu, apa yang beda dari makanan ini? Pertama, tentu saja bagian kuahnya seperti soto Lamongan. Selanjutnya, bubur ayam Samarinda ini bertabur potongan tomat, daging ayam, emping, dan daun sop. Sajiannya diakhiri dengan topping bawang goreng, hati ayam, dan ampela. Cobalah menikmati kuliner ini dalam keadaan hangat, sensasi lezatnya tak terlupakan.

Meski banyak tempat menawarkan santapan ini, hanya kedai di Jalan Ahmad Yani yang paling disukai. Konon, aroma dan rasa bubur ayam Samarinda di tempat ini tiada tandingannya. Selain itu, harganya juga murah meriah kurang dari Rp30.000,- per porsi.

3. Depot Simpang Empat


Depot Simpang Empat adalah salah satu tempat wisata kuliner chinese food. Kawasan ini terletak di Jalan Letjen Soeprapto Nomor 6, Kebun Sayur, Kota Balikpapan. Santapan favorit para pengunjung rumah makan tersebut, yaitu sapi lada hitam dan mantau.

Bagi yang belum pernah mencicipi daging menjangan, tempat ini menyediakan santapan tersebut dalam berbagai olahan. Selain itu, ada makanan khas Thailand tom yam dengan kuah bening. Sekilas, mirip kuah Soto Banjar. Namun, rasanya beda; lebih pedas dan agak kecut.

4. Depot Cendrawasih


Depot Cendrawasih terletak di Gunung Malang tepat di pinggir jalan raya. Banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut karena makanannya lezat. Selain itu, pun dikenal murah meriah. Kamu bisa membeli satu porsi kuliner di warung ini dengan harga mulai dari Rp17.000,-.

Menu andalan Depot Cendrawasih adalah es kacang merah dan soto khas Banjar. Ada juga aneka kue lezat, seperti pia Cendrawasih. Isi pia tersebut bervariasi, semisal kacang hijau, keju, atau kumbu hitam.

5. Kedai Kopi Nam Min


Tempat wisata kuliner di Balikpapan ini merupakan kedai kopi legendaris yang berumur lebih dari 59 tahun berdiri tahun 1958. Lokasinya di kawasan Pasar Pandan Sari, Kota Balikpapan. Seiring waktu, kedai ini membuka cabang di belakang Kebun Sayur. Meski berada di tempat berbeda, hal itu tidak mengurangi kekhasan rasa kopinya.

Untuk menyeruput secangkir kopi di Kedai Nam Min, hanya perlu mengeluarkan bujet Rp7.000,-. Biasanya, pengunjung menikmati kopi ditemani roti srikaya atau kue pia rasa kacang hijau.

Itulah 5 tempat wisata kuliner lezat di Balikpapan yang wajib Kamu kunjungi. Untuk mencapai Kota Balikpapan, bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Supaya penerbangan lancar,

No comments

Powered by Blogger.