INIDOMINO.net

Header Ads

Manfaat Beberapa Tanamanan Yang Sangat Berkhasiat Untuk Tubuh Mu

Manfaat Beberapa Tanamanan Yang Sangat Berkhasiat Untuk Tubuh Mu

Mungkin selama ini kita sering menjumpai berbagai macam tumbuhan yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk manusia baik dari sisi kesehatan maupun sisi yang lain-lainnya namun terkadang kita sering tidak menyadari bahwa bagian-bagian tumbuhan tersebut sangat bermanfaat.berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang dapat di olah menjadi bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.simak selengkapnya.

1. Daun Salam



Daun salam adalah salah satu daun yang sering digunakan sebagai penyedap rasa atau bumbu dalam masakan, biasa digunakan ketika memasak rawon, kari atau masakan daging lainnya. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengobati diare, diabetes, sakit maag dan darah tinggi.

Hindarilah mengonsumsi daun salam secara utuh. Daun salam tidak dapat dicerna tubuh meski telah dikunyah. Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan pada tenggorokan atau saluran pencernaan.

Saat hendak mengonsumsi daun salam, pastikan daun salam yang akan dikonsumsi sudah dicuci dan dimasak hinga benar-benar matang. Alasannya, pada daun salam mentah atau kurang matang, mungkin masih terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Daun salam mempunyai efek samping jika penggunaannya dikonsumsi oleh Penderita diabetes,Ibu hamil dan menyusui,Pasien yang akan menjalani pembedahan.


2. Daun Seledri



Daun seledri memiliki banyak khasiat, sehingga banyak orang yang menanamnya. Hanya ketika menanamnya terkadang daun seledri tidak tumbuh subur. Akibatnya daun seledri tampak kurang segar.

Daun seledri dapat ditanam di pekarangan rumah atau dalam pot bunga. Daun seledri memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati sakit mata dan juga untuk obat rematik. Kadang pula daun ini dijadikan sebagai lalapan atau penghias makanan.


3. Daun Bawang


Aromanya yang khas, menjadikan daun bawang ini sering disertakan dalam berbagai masakan. Sering digunakan untuk aroma penyedap kuah soto, bakso ataupun sup. Tidak hanya sekedar bumbu penyedap, khasiat daun bawang salah satunya dapat merangsang pertumbuhan sel tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Daun bawang juga bermanfaat untuk menghilang kan lendir dalam kerongkongan, memudahkan pencernaan makanan dan akarnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit cacingan. 


4. Daun Pandan



Daun pandan lebih dikenal sebagai daun penyedap rasa, sering digunakan sebagai penyedap kolak. Selain itu, daun pandan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau Tidak sedap pada beras yang disimpan terlalu lama. Juga dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi.


5. Daun Pepaya



Tanaman pepaya menghasilkan buah pepaya yang kalau sudah masak rasanya nikmat, bisa dimakan langsung sebagai buah, atau hidangan di meja saat ada acara makan-makan syukuran dll. Tanaman pepaya mempunyai daun lebar yang berjari lebar. Sudah lama daun pepaya berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit tertentu. Rasa daun pepaya yang pahit, bisa di buat jamu, dan sebagai obat penyembuh sakit.

Daun pepaya sering dimakan sebagai lalapan atau dimasak menjadi urap. Urap merupakan makanan khas yang terdiri dari campuran sayuran ditambah bumbu kelapa parut. Tak sepahit rasanya, ternyata daun pepaya memiliki khasiat yang banyak. Diantaranya, untuk mengobati batu ginjal, malaria, sakit keputihan dan malnutrisi.


6. Daun Lidah Buaya



Daun yang satu ini juga mengandung beberapa zat yang sangat baik untuk perawatan kecantikan dan obat. Memiliki nama latin aloe vera linn sudah dikenal ribuan tahun silam.
Apapun sebutannya, yang pasti lidah buaya memiliki banyak khasiat, diantaranya dapat mengobati bisul, luka bakar akibat tersiram air panas, wasir, penyubur rambut dan penurun kolesterol.


7. Daun Beluntas



Tanaman ini biasanya juga dimanfaatkan orang sebagai sayur. Namun ternyata tanaman ini juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, antara lain pegal linu, rematik, nyeri pinggang, keputihan, perut kembung, serta dapat menurunkan panas. Selain itu daun beluntas juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengkonsumsi daun beluntas secara rutin, maka anda akan terbebas dari bau badan.

Sumber

No comments

Powered by Blogger.