INIDOMINO.net

Header Ads

Fennec Fox Mirip Kucing Tapi Dengan Telinga Yang Panjang


KepoAkanHalIni Buat kamu pecinta binatang dan suka sama anjing karna kelincahannya, tapi gak bisa punya peliharaan yang terlalu berisik karna tinggal di lingkungan yang gak suka adanya keberisikan. Rubah mini ini sekarang bisa jadi alternatif buat kamu yang mau punya anjing tapi gak mau berisiknya.

Hewan lucu ini adalah jenis rubah yang hidup di zona gurun yang terletak di Afrika Utara, Sinai, dan Arab Saudi. Hidupnya berkelompok. Seperti kelelawar, mereka disebut hewan nocturnal, yaitu hewan yang lebih aktif di malam hari daripada di siang hari. Biasanya ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di siang hari dengan bermalas-malasan di kandangnya.


Berat Fennec Fox sekitar 1 kg dan tingginya sekitar 20 sentimeter, kadang rubah mini ini di mirip-miripkan dengan kucing, tapi dia punya naluri seperti anjing. Oh iya jangan salah, Fennec Fox walaupun memiliki tubuh yang kecil, ia bisa lompat setinggi 6 meter.


Ciri khas dari rubah mini ini adalah kupingnya yang bisa mencapai ukuran 15 cm, kuping yang besar ini berfungsi buat ngedeteksi mangsa dan menjaga mereka agar temperature tubuhnya tetap stabil. Selain kuping nya yang lebar, Fennec Fox juga punya banyak bulu di telapak kakinya yang bisa ngelindungin mereka dari pasir yang super panas dan juga bulu di tubuhnya yang berguna untuk menghangatkan mereka dimalam hari.


Fennec Fox adalah omnivora (pemakan segalanya) biasanya makan hewan kecil seperti tikus atau serangga, telur rebus, daging ayam cincang, buah-buahan (pear, pepaya, pisang). Makanan ini bisa diberikan 3 kali sehari pada pagi, sore dan malam hari alangkah baiknya kalau kamu memberi makan dengan cara handsfeed (disuapi).


Memelihara Fennec Fox diperlukan komitmen dan tanggung jawab, kamu harus mengajak main dia minimal 20 menit sehari biar dia bisa mengenal pemiliknya. Lalu untuk kandangnya, gunakan kandang kucing besar untuk memeliharanya. Jangan menggunakan kandang ukuran kecil karena fennec fox bisa cepat stress.


Ngomongin soal harga, bayi Fennec Fox bisa mencapai 3.400 – 3.800 US dollar Amerika atau sekitar Rp 35 – 40 juta. Nah di Amerika Serikat Fennec Fox sudah mulai ramai dijadikan hewan peliharaan seperti anjing, tapi di Indonesia baru belakangan ini mulai ramai di bicarakan.

Sumber

No comments

Powered by Blogger.